Cara Melegakan Hidung Tersumbat

Hampir semua anak pernah mengalami hidung tersumbat. Saat mengalaminya pasti akan tersiksa. Sebab napas menjadi susah dan tidur. Akibatnya, anak menjadi rewel dan gelisah. Oleh karena itu, produsen obat-obatan Merck-SharpDohme (MSD), bekerja sama dengan RS Gandaria, belum lama ini mengadakan seminar mengenai gangguan hidung tersumbat.

Materi seminar dibawakan oleh dr. Rusdian Utama Roesli, SpTHT-KL, yang mengatakan, saat hidung tersumbat biasanya awam akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya, seperti memberikan balsam atau cairan penghangat di hidung, hingga menguapinya tanpa menelisik penyebabnya.

“Tidak semua orang bertanya, mengapa hidung kita ini tersumbat? Hidung bisa tersumbat akibat adanya pembengkakan pada selaput lendir hidung Hal ini biasanya disebabkan oleh, rinitis alergi,  u/selesma (common cold).” Flu sendiri penyebab utamanya adalah infeksi virus in uenza yang menyerang saluran napas atas. Tapi hal ini tidak membahayakan dan akan sembuh dengan sendirinya. Walau demikian gejalanya bisa membuat yang mengalami tersiksa, contohnya mengalami hidung tersumbat.

Sementara pada kasus rinitis alergi, penderita mengalamialergi dan terpapar pencetus alergi sehingga tubuhnya memproduksi antibodijenis tertentu, disebut IgE, untuk mengikat alergen. Nah, ikatan Ig-E danalergen akan menyebabkan terlepasnya zat penyebab alergi yang disebut histamin.Zat inilah yang akan menimbulkan hidung meler, bersin bersin dan hidung tersumbat.

“Hidung karena rinitis alergi biasanya terjadi berulang kali dalam satu minggu atau lebih, apabila pencetusnya tidak dihindari dan tidak ditangani secara adekuat,” jelas Rusdian. Beberapa jenis alergen penyebab rinitis alergi adalah alergen inhalan (terisap melalui udara) dan alergen ingestan (makanan).

Saat mengalami hidung tersumbat, sebenarnya tidak perlu melakukan hal-hal yang menyiksa diri, misal membuat hidung menjadi panas dan akhirnya malah menjadi nyeri. Sekarang ini ada obat semprot hidung untuk melegakan hidung tersumbat, dengan cara penggunaan yang mudah, bahkan bisa dilakukan oleh anak. “Hanya ingat, meski bisa dibeli bebas, penggunaan obat tidak boleh serampangan, Patuhi petunjuk pemakaiannya,” pesan Rusdian.