Suburban Runaway Bagian 1

Sempat terpikirkan juga mengenai destinasi liburan yang membuat hati senang namun irit dalam pengeluaran. Beruntungnya, dengan mengendarai varian tertinggi dari All-New Mazda2 GT bertransmisi otomatis membuat kami ingin menghabiskan waktu dengan mengeksplorasi liburan jarak dekat. Kami pun akhirnya memilih Bogor untuk menjadi destinasi wisata Holiday Test Drive 2015. Dalam perjalanan menuju Bogor kami memilih untuk tidak menempuh Tol Jagorawi, namun melalui Parung, Bogor, Jawa Barat.

Padahal sebelumnya, kami memprediksi bahwa jalan tersebut pasti akan sama macetnya, terlebih liburan kami termasuk waktu high season. Demikian juga dengan barang bawaan kami, kami pun harus seefisien mungkin dalam mengisi ruang bagasi Mazda2 yang super kompak ini. Berkendara di rute dalam kota, kepraktisannya tergolong tinggi. Small Hatchback seksi ini memiliki bodi dengan panjang 4.060 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.495 mm serta wheelbase-nya termasuk yang paling panjang di kelasnya, yaitu 2.570 mm.

Hal itu membuat manuver di jalan suburban (pinggiran perkotaan) yang sempit terasa mudah untuk dilalui. Prediksi kami salah, karena menuju Bogor melalui rute Parung justru lebih lancar ketimbang melalui jalan Tol, namun tantangan menghampiri, yaitu jalan bertekstur kasar dan sedikit bergelombang. Suspensi depannya tetap nikmat dan patut diacungi dua jempol utnuk kenyamanan. Ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Untungnya, ada fitur i-Stop yang membuat konsumsi BBM kami irit, bahkan di rute ini kami meraih rata-rata konsumsi BBM 12,13 km/l. Cukup irit bukan? Mazda2 juga memiliki sistem Navigasinya akurat, membuat kami sama sekali tidak mengalami kesulitan dalam memilih rute.

Fitur unggulan Head Up Display (HUD) juga sangat membantu dalam memberikan informasi mengenai kecepatan berkendara yang sudah ditempuh, termasuk arah jalan apabila sistem navigasi telah aktif, lalu fitur favorit tentu saja MZD Connect. Ketika sampai di Kota Bogor, Sore hari sudah menyapa kami. Sesegera mungkin kami menuju tempat wisata bernuansa Bali nan indah di Bogor dan ajaibnya tempat wisata ini tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.