Rangkas Bitung Aksesnya Akan Semakin Mudah

Potensi perkembangan wilayah Maja yang dibahas pada edisi lalu, menggelitik rasa ingin tahu RUMAH tentang perkembangan wilayah di Rangkas Bitung, Banten. Ya, jika dilihat pada peta jalur kereta api, lokasi Rangkas Bitung berada di ujung jalur lintas Angke-Tanah AbangMaja-Rangkas Bitung. Jika Maja mulai jadi incaran pengembang properti, bagaimana dengan Rangkas Bitung? Dari pengamatan RUMAH, Rangkas Bitung memiliki fasilitas dan infrastruktur yang cukup baik sebagai wilayah yang jaraknya cukup jauh dari ibu kota.

Ini dikarenakan wilayah Rangkas Bitung merupakan pusat aktivitas dari Kabupaten Lebak, Banten. Di sini terdapat alun-alun kota tempat masyarakat Rangkas Bitung melakukan berbagai kegiatan, Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD, sarana rekreasi pusat budaya Baduy, pasar tradisional yang besar, hingga lembaga pemasyarakatan.

AKSESNYA CUKUP BAIK Walau lokasinya jauh dari pintu tol, akses jalan biasa (bukan tol) dari dan menuju Rangkas Bitung cukup baik. Meski ada beberapa titik yang rusak parah, saat ini sedang dilaksanakan perbaikan secara bertahap. Kalau dari segi ukuran jalan, lebarnya masih terbilang sempit. Lebar jalan di sini hanya di kisaran 3—7m. Walau ukuran jalannya kecil, sampai saat ini belum ada kemacetan karena volume kendaraan masih sedikit. Soal moda transportasinya pun lengkap. Masyarakat bisa menggunakan bus sebagai akses penghubung. Bus di Rangkas Bitung melayani rute ke daerah Cilegon, Tangerang, dan beberapa terminal bus besar di Jakarta, seperti Kampung Rambutan, Pulogadung, dan Kalideres.

Yang tak kalah menarik dan menjadi magnet kuat dari Rangkas Bitung adalah area ini dilewati jalur kereta api. Stasiun Rangkas Bitung melayani beberapa perjalan kereta api menuju Angke, Serang, dan Merak. Jalur lintas Rangkas Bitung-Angke inilah yang membatu warga untuk melakukan mobilitas menuju Jakarta. “Adanya kereta api ini membantu pergerakan kami sebagai masyarakat yang tinggal di sini. Kereta api ini bantu saya jualan daun pisang ke Pasar Kebayoran,” ujar Aan (34) warga Rangkas Bitung yang berjualan daun pisang di Pasar kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

AKAN DIBANGUN JALUR KA BARU

Saat ini, jalur kereta Rangkas Bitung–Angke masih menggunakan satu jalur. Setelah Stasiun KA Maja, barulah jalur membelah menjadi dua karena sudah memasuki jalur KRL Commuterline Jabodetabek. Ke depannya, Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan program jangka panjang perbaikan jalur ini. Program perbaikan tersebut di antaranya adalah pembuatan double track lintas Serpong antara Parung PanjangRangkas Bitung sepanjang 39km.

Jika sudah terealisasi, maka perjalanan menuju Rangkas Bitung akan jadi lebih cepat. Jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil akan memangkas waktu 1—1,5 jam. Sementara, jika dibandingkan dengan kereta yang sekarang, akan menghemat waktu 30 menit. Penambahan jalur kereta ini diklaim akan membuat jadwal kereta dari dan menuju Rangkas Bitung semakin banyak.

Perbaikan akses kereta api ini akan semakin membuka potensi perkembangan properti Rangkas Bitung ke depannya. Yusanto Hariyanto, Associate Director Ciputra mengatakan, jika infrastruktur dan akses transportasi sebuah wilayah dibenahi, maka wilayah tersebut berpotensi dilirik para pengembang. Bahkan, Ciputra tak menutup kemungkinan akan memperluas wilayahnya dari Maja hingga ke Rangkas Bitung.

“Saat ini, kami baru memiliki tanah di Maja, yang sudah menjadi lahan tabungan untuk proyek kami ke depan. Tak menutup kemungkinan, kami melakukan perluasan hingga ke Rangkas Bitung,” ucap Yusanto. Ya, dengan segala potensi yang dimiliki Rangkas Bitung, rasanya tempat ini bisa dijadikan target membeli rumah. Apalagi, harga tanah di sini masih murah. Tertarik tinggal atau berinvestasi di sini?

Rumah tak jarang juga membutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. Jika ingin mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya di toko distributor resmi genset silent 500 Kva di Malang. Salah satu distributor resmi genset silent di Malang adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon di setiap pembelian unit baru.