Tips Pencahayaan Rumah Part 2

RUANG TIDUR

Jika ditanya, kegiatan apa saja yang seharusnya dilakukan di ruang tidur? Tentu saja, beristirahat merupakan jawaban paling pertama. Kegiatan lain seperti membaca, bekerja, berpakaian, dan merias diri, menjadi kegiatan-kegiatan sekunder yang biasanya memiliki area terpisah dengan area beristirahat.

Namun, sayangnya, banyak orang yang menerapkan pencahayaan umum atau general light tepat di tengah-tengah ruang tidur. Bahkan, tak jarang mereka menggunakan lampu dengan intensitas cahaya terang di area beristirahat ini. Alhasil, mata pun tak bisa beristirahat, karena asupan cahaya yang masuk pun relatif banyak. Tak sesuai dengan kegiatan beristirahat yang perlu merilekskan mata. Poin pertama, jangan tempatkan lampu di atas tempat tidur, karena cahaya lampu langsung menghampiri mata yang akan beristirahat.

Anda bisa mengganti pencahayaan tersebut dengan pendaran cahaya tersembunyi (hidden lamp) dari balik tempat tidur atau panel dinding. Atau, Anda juga bisa memakai lampu tidur dengan cahaya hangat, dan bisa Anda matikan ketika Anda tak memerlukannya. Poin penting lainnya adalah penggunaan lampu atau pencahayaan buatan dengan jenis warm light, atau cahaya kekuningan untuk sekitar area tidur.

Lalu, untuk aktivitas lain yang biasa Anda lakukan di kamar tidur, Anda bisa menempatkan titik-titik lampu sesuai kebutuhan dan areanya masing-masing. Misalnya, untuk bekerja, Anda bisa menggunakan lampu meja bercahaya sorot yang memusatkan pandangan Anda pada benda yang Anda lihat. Untuk aktivitas ini, Anda bisa menggunakan lampu berjenis cool light (berwarna putih terang) yang membuat mata Anda selalu terjaga dan konsisten.

DAPUR DAN RUANG MAKAN

Beragam kegiatan terjadi di dapur dan ruang makan, mulai dari memasak, mencuci piring, menyantap masakan, hingga berbincang. Namun, berbeda dengan ruang keluarga yang cenderung menggunakan pencahayaan yang hangat, dapur khususnya memiliki fungsi yang membuat mata Anda harus bekerja dengan fokus.

Misalnya, saat memotong sayur mayur, mencincang daging, ataupun mencuci bahan masakan. Semua harus dilakukan dengan penuh konsentrasi. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mata sekaligus keamanan di dapur, lebih baik Anda tidak menaruh lampu di belakang. Berikan titik lampu di atas area Anda memasak, mempersiapkan makanan, dan mencuci bahan-bahan.

Anda juga bisa menggunakan LED di bawah meja persiapan Anda, untuk menerangi spot-spot tersebut. Selain itu, untuk ruang makan, usahakan agar jatuhnya cahaya sesuai dengan bentuk meja. Tujuannya, agar makanan dapat terlihat dengan jelas. Anda pun bisa menggunakan warna-warna cahaya yang memengaruhi selera makan, seperti penggunaan day light yang membuat Anda melihat warna sebenarnya dari sebuah menu masakan.

Selain memperhatikan pencahayaan, rumah juga perlu ditambah sebuah instalasi genset. Karena genset adalah back up listrik ketika terjadi pemadaman. Harga genset untuk rumah tangga yang murah dan bergaransi dapat dibeli dari toko distributor genset Banjarmasin. Dengan harga yang dapat dinegosiasikan dan mesin original tak perlu khawatir lagi.